Pengertian
Isim Nakirah dan Isim Ma’rifah » Alfiyah Bait 52-53
الْنَّكِرَةُ وَالْمَعْرِفَةُ
Bab
Nakirah dan Makrifah
نَكِرَةٌ قَـــــابِلُ أَلْ مُؤثِّــــرَاً ¤ أَوْ وَاقِعٌ مَوْقِعَ مَا قَدْ ذُكِرَا
Nakirah adalah Isim yang dapat menerima AL pemberi bekas Ma’rifah, atau Isim yang menempati tempatnya Isim tersebut (dapat menerima AL Ma’rifah).وَغَيْــرُهُ مَعْرِفَـةٌ كَــهُمْ وَذِي ¤ وَهِنْـدَ وَابْنـيِ وَالْغُلاَمِ وَالَّذِي
Selain tersebut
(pengertian Isim Nakirah) dinamakan Isim Ma’rifah, yaitu seperti هم (Isim
Dhamir), ذي (Isim Isyarah), هند (Isim
Alam), ابني (Isim Mudhaf), الغلام (Isim
dg AL ma’rifah) dan الذي (Isim Maushul).
Kalimah Isim/kata benda dibagi menjadi Isim Nakirah (tak
tentu) dan Isim Ma’rifah (tertentu).Isim Nakirah
Definisi Isim Nakirah adalah: Kalimah isim menunjukkan pada sesuatu secara kesatuan yang tidak ditentukan. contoh:
جَاءَ طَالِبٌ
Penuntut telah datangقَدِمَ ضَيْفٌ
Tamu telah tibaAda dua jenis isim Nakirah:
(1). Kalimah Isim dapat dipasangi AL dan membekaskan ma’rifah atau menjadikannya tertentu. contoh:
كِتَابٌ، رَجُلٌ
Buku, Laki-lakimaka dapat dipasangi AL dan membekaskan Ma’rifah menjadi contoh:
الرَّجُلُ شُجَاعٌ، الكِتَابُ نَفِيْسٌ
Laki-laki itu pemberani, Buku itu sangat bagus.(2). Kalimah Isim menduduki kedudukan Isim yang dapat dipasangi AL, seperti lafazh ذُوْ artinya “pemilik” sinonim dengan lafazh صَاحِبٌ “pemilik“. contoh
جَاءَ ذُوْ عِلْمٍ
seorang yang berilmu telah datangpada contoh ini maksudnya adalah صَاحِبُ عِلْمٍ “pemilik Ilmu” maka lafadz ذُوْ adalah isim nakirah yang tak dapat dijodohkan dengan AL, akan tetapi ia menduduki kedudukan Isim yang dapat dipasangi AL pemberi bekas ma’rifah, yaitu lafazh صَاحِبُ.
Isim Ma’rifah
Definisi Isim Ma’rifah adalah: Kalimah isim menunjukkan pada sesuatu secara kesatuan yang tertentu. contoh:
أَنْتَ مُخْلِصٌ
Enkau seorang yang tulus.Ada dua jenis isim Ma’rifah:
(1). Kalimah Isim tidak dapat dipasangi AL, pun tidak menduduki kedudukan Isim dapat dipasangi AL. Contoh:
جَاءَ عَلِيٌّ
Sayyidina Ali telah datang.(2). Kalimah Isim dapat menerima AL, akan tetapi tidak membekaskan ma’rifat. contoh:
جَاءَ الْعَبَّاسُ
Sayyidina ‘Abbas telah datang.contoh AL pada lafazh العباس tidak berfungsi mema’rifahkan, karena ia sudah ma’rifah sebab Isim ‘Alam. Mengenai AL jenis ini, Insya-Allah akan diterangkan pada Babnya sendiri. untuk sementara bisa dijadikan rujukan.
Isim Ma’rifah ada Tujuh:
1. Isim Dhamir, menurut qaul yg shahih merupakan paling ma’rifahnya dari isim-isim ma’rifah setelah lafazh Jalalah. contoh:
أنَا، أنْتَ، هُوَ
aku, kamu, dia2. Isim Alam, contoh:
خَالِدٌ، زَيْنَبُ، مَكَّةُ
khalid, zainab, makkah3. Isim Isyarah, contoh:
هَذَا، هَذِهِ، هَؤُلاَءِ
ini (male), ini (female), ini (jamak)4. Isim Maushul, contoh:
الَّذِيْ، الَّتِيْ، الَّذِيْنَ
yang tunggal (lk), yang tunggal (pr), yang jamak(lk/pr)5. Isim yg dima’rifahkan oleh AL, contoh:
الْكِتَابُ، الطَّالِبُ
kitab itu, siswa itu6. Isim Mudhaf pada isim ma’rifah, contoh:
كِتَابِيْ جَدِيْدٌ. كَلاَمُ عَلِيٍّ بَلِيْغٌ
kitabku baru, perkataan Ali fasih7. Isim Nakirah Maqshudah (dari sebagian Munada, jika dimaksudkan kepada satu orang tertentu) contoh:
يَا طَالِبُ أَجِبْ
hai siswa… jawablah!Kesimpulan pembahasan Bait: Isim Nakirah adalah isim yang dapat dipasangi AL yang membekaskan ma’rifah, atau isim menempati kedudukan isim yang dapat dipasangi AL. selain isim Nakirah dinamakan Isim Ma’rifah. disebutkan 6 jenis Isim alam: Isim Dhamir, Isim Alam, Isim Isyarah, Isim Maushul, Isim yg dima’rifahkan oleh AL, Isim Mudhaf pada isim ma’rifah, dan tidak diuraikan yang ke 7 yaitu Nakirah Maqshudah, karena sempitnya Nadzam.
Pengertian
Isim Dhamir
فَمَا لِذِي غَيْبَةٍ أوْ حُضُورِ ¤ كَأَنْـتَ وَهْـوَ سَمِّ بِالضَّمِيْرِ
Setiap Isim yang
menunjukkan arti ghaib dan hadir seperti contoh: انت dan هم , maka namakanlah!
Isim Dhomir.
Pengertian Isim Dhamir (kata ganti): Isim Jamid yang
menunjukkan pada Mutakallim (orang pertama), Mukhatab (orang kedua) atau Ghaib
(orang ketiga). contoh:أنَا عَرَفْتُ وَاجِبِيْ
Aku mengetahui kewajibankuأنْتَ تَحْتَرِمُ أَبَاكَ
Engkau menghormati ayahmuالمُؤْمِنُ يَصُوْنُ عِرْضِــهِ
Seorang Mu’min menjaga kehormatan dirinya.Maksud Isim Jamid: tidak mempunyai asal bentuk pun tidak terdapat bentuk pecahannya. Dhamir Mutakallim dan dhamir Mukhatab keduanya disebut dhamir hadir, karena suatu yang didhamirkan ada secara hadir pada waktu pengucapan.
Pengertian
Dhamir Muttashil
وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَا لاَ يُبْتَدَا ¤ وَلاَ يَلِي إلاَّ اخْتِيَــــارَاً أبَــدَا
Dhomir
Muttashil adalah Isim Dhomir yang tidak bisa dijadikan permulaan dan tidak
boleh mengiringi إلا selama masih bisa memilih demikian..
كَالْيَاءِ وَالْكَافِ مِنِ ابْني أكْرَمَكْ ¤ وَالْيَــاءِ وَالْهَا مِنْ سَلِيْهِ مَا مَلَكْ
Seperti Ya’
dan Kaf dari contoh lafadz: ابْني
أكْرَمَكْ (Ya’ Mutakallim dan Kaf Mukhothob), dan seperti Ya’ dan
Ha’ dari contoh lafadz: سَلِيْهِ
مَا مَلَكْ (Ya’ Mukhatabah dan Ha’ Ghaib)
Isim Dhamir dari segi penampakannya ada dua golongan:(1). Dhamir Bariz (بارز) : adalah Isim Dhamir yang mempunyai bentuk penampakan lafazh secara hakikiyah (kongkrit) atau secara hukmiyah (abstrak).
Contoh dhamir bariz yang hakikiyah
أَكْرَمـْتُ الْغَرِيْبَ
Aku memulyakan orang asing itu.Contoh dhamir bariz yang hukmiyah:
جََََََاءَ الَّذِيْ أَكْرَمْتُ
seorang yang aku mulyakan telah datang(maksudnya: أَكْرَمْتُــهُ yang aku memulyakan-nya. maka dhamir yang berupa ـه “nya” pada contoh kalimat diatas, ada secara hukumnya).
(2). Dhamir Mustatir (مستتر): adalah Isim Dhamir yang tidak mempunyai bentuk lafazh. contoh:
حَافِظْ عَلَى الصَّلاَةِ
Peliharalah… shalat !(yakni, حَافِظْ أنْتَ Peliharalah olehmu…!)
Dhamir Bariz ada dua macam:
1. (ضمير بارز متصل) Dhamir Bariz Muttashil
2. (ضمير بارز منفصل) Dhamir Bariz Munfashil (akan diterangkan pada bait-bait selanjutnya)
(ضمير بارز متصل) Dhamir Bariz Muttashil/dhamir muttashil: adalah dhamir yang tidak bisa dijadikan permulaan kalimat dan tidak bisa berada setelah lafazh إلا secara ikhtiar (اختيارا) “pemilihan”, maksud ikhtiar adalah longgar atau lowong dalam susunan kalimat tidak sempit semisal pada dharurah syi’ir. Contoh Dhamir Muttashil:
اِسْتَمَعْـتُ لِلْمُحَاضَرَةِ
Aku mendengarkan ceramahContoh syawahid syair yang melafalkan dhamir bariz muttashil jatuh sesudah إلا secara Syadz:
أَعُوذُ بِرَبِّ الْعَرْشِ مِنْ فِئَةٍ بَغَتْ × عَلَيَّ فَمَالِي عَوْضُ إِلاّهُ نَاصِرُ
Aku berlindung pada Tuhan yang memiliki Arsy….daripada golongan orang yang menganiayaiku……
maka sebab itu….
tidaklah bagiku seorang penolong kecuali Dia selamanya….
(syahid pada syair diatas adalah pada lafazh إِلاّهُ dimana dhamir muttashil jatuh setelah إِلاّ adalah Syad, yakni tidak boleh kecuali pada dharurah syi’il)
Demikian juga Dhamir muttashil jatuh sesudah “Illa” pada syair berikut:
وَمَا عَلَيْنَا إِذَا مَاكُنْتِ جَارَتَنَا × ألاَّ يُجَاوِرَنَا إِلاَّكِ دَيَّارُ
(wahai kekasih…)tidaklah kami menaruh perhatian…
bilamana dikau sudi menjadi tetangga kami…
seakan tidak ada tetangga lain kecuali hanya dikau seorang…
Bentuk
Dhamir Muttashil di dalam mahal i’rabnya
وَكُـلُّ
مُضْمَرٍ لَـهُ الْبِنَا يَجِبْ ¤ وَلَفْظُ
مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ
Semua
Dhomir wajib Mabni. Lafadz Dhomir yang dijarrkan, sama bentuknya dengan
lafadz Dhomir yang dinashobkan.
لِلرَّفْعِ
وَالْنَّصْبِ وَجَرَ نا صَلَحْ ¤ كَاعْـرِفْ
بِنَا فَـإِنَّنَا نِلْـنَا الْمِـنَحْ
Dhomir
Muttashil نا mencocoki semua bentuknya dalam mahal Rofa’, Nashob, dan
Jarrnya. Seperti contoh lafadz: اعْرِفْ بِنَا فَإِنَّنَا نِلْنَا الْمِنَحْ (
ket. بنا = Mahal Jarr, فَإِنَّنَا = Mahal nashab, نِلْنَا = Mahal rofa’)
وَأَلِفٌ
وَالْــوَاوُ وَالْنُّوْنُّ لِمَا ¤ غَابَ
وَغَيْرِهِ كَقَامَا وَاعْلَمَا
Alif,
Wau dan Nun, termasuk Dhomir Muttashil untuk Ghoib juga Hadhir. Seperti
contoh: قَامَا (Alif Dhomir Muttashil Ghoibain, artinya: “mereka berdua telah
berdiri”) dan contoh: اعْلَمَا (Alif Dhomir Muttashil Mukhothobain, artinya:
“ketahuilah kalian berdua!”).
|
Telah dijelaskan pada pelajaran
dahulu dalam bab Mu’rab dan Mabni, bahwa semua lafazh dhamir adalah mabni. Dan
tentunya kemabnian isim dhamir tersebut menempati pada mahal/posisi irabnya
masing-masing.
Untuk Dhamir Muttashil (ضمير
متصل) didalam mahal irabnya terdapat tiga kategori:
(1). Hanya menempati pada Mahal
Rofa’ saja. yaitu ada 5 bentuk dhamir:
1- Ta’ dhamir Mutaharrik/berharkah
(التاء المتحرك). dhamir hadir (untuk Mutakallim,
mukhatab , atau mukhatabah). contoh:
فَإِذَا
عَزَمْـتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ إِنَّ
اللهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah
kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal
kepada-Nya.
2- Alif Tatsniyah (الف الإثنين). (untuk dhamir hadir juga ghaib) contoh:
فَخَانَتـَـاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيـَـا
عَنْهُمَا مِنَ اللهِ شَيْئًا
lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya
(masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah
3- Wau Jamak (واو الجماعة), (untuk
dhamir hadir juga ghaib) contoh:
وَإِذَا
أَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُــوْا
dan bila gelap menimpa
mereka, mereka berhenti
4- Ya’ Mukhatabah (ياء المخاطبة) (untuk dhamir hadir) contoh:
فَكُلِــيْ وَاشْرَبِــيْ
وَقَرِّيْ عَيْنًا
maka makan (kamu pr) , minum (kamu pr) dan bersenang hatilah kamu (pr)
5- Nun Jamak muannats (نون الإناث) (dhamir hadir juga ghaib) contoh:
وَالْمُطَلَّقَاتُ
يَتَرَبَّصْــنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلاَثَةَ
قُرُوءٍ
Wanita-wanita yang
ditalak handaklah (mereka pr) menahan diri (menunggu) tiga kali quru’.
(2). sama bisa menempati pada Mahal
Nashab dan Jar saja . yaitu ada 3 bentuk dhamir:
1. Ya’ Mutakallim, (dhamir hadir) contoh:
قَالَ
يَا قَوْمِ أَرَأَيْتُمْ إِنْ كُنْتُ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّــيْ وَآتَانِــيْ
مِنْهُ رَحْمَةً
Shaleh berkata: “Hai
kaumku, bagaimana pikiranmu jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan diberi-Nya aku rahmat (kenabian) dari-Nya
2. Kaf Mukhatab
(dhamir hadir) contoh:
مَا
وَدَّعـَـكَ رَبـُّـكَ
وَمَا قَلَى
Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu
3. Ha’ Ghaib (dhamir
ghaib) contoh:
قَالَ
لـَـهُ صَاحِبـُـهُ
وَهُوَ يُحَاوِرُهُ
Kawannya
(yang mukmin) berkata kepadanya – sedang dia
bercakap-cakap dengannya
(3). Sama bisa menempati pada Mahal
Rafa’, Nashab dan Jar . yaitu 1 bentuk dhamir berupa “Naa” (نا)
(dhamir hadir).
contoh:
رَبـَّـنَا إِنـَّـنَا
آمَــنَّا فَاغْفِرْ لَــنَا ذُنُوبَــنا
وَقِــنَا عَذَابَ النَّارِ
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman (kami), maka ampunilah (kami) segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka
Ada juga bentuk isim dhamir yang
sama bisa digunakan pada semua mahal i’rab (rafa’, nashab dan jar)
yaitu هُمْ dan ي. Namun statusnya tidak seperti نا yang digaribawahi oleh
Kiyai Mushannif Ibnu Malik tsb. karena khusus نا adalah satu-satunya bentuk
isim dhamir Muttashil dan Mutakallim yang dapat digunakan pada semua kedudukan
i’rab.
Contoh هم:
Sebagai dhamir Munfashil
ketika mahal Rafa’:
هُمُ الَّذِينَ
يَقُولُونَ لاَ تُنْفِقُوا عَلَى مَنْ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ حَتَّى يَنْفَضُّوا
Mereka orang-orang yang mengatakan (kepada orang-orang Anshar):
“Janganlah kamu memberikan perbelanjaan kepada orang-orang (Muhajirin) yang ada
disisi Rasulullah supaya mereka bubar (meninggalkan Rasulullah).
Sebagai dhamir Muttashil
ketika mahal Nashab:
سَلـْـهُمْ أَيـُّـهُمْ
بِذَلِكَ زَعِيمٌ
Tanyakanlah kepada mereka: “Siapakah di antara mereka yang bertanggung jawab terhadap keputusan yang
diambil itu?”
Juga sebagai dhamir Muttashil
ketika mahal Jar:
وَمِنـْـهُمْ مَنْ يَقُولُ ائْذَنْ لِي وَلاَ تَفْتِنِّي
أَلاَ فِي الْفِتْنَةِ سَقَطُوا
Di antara mereka ada
orang yang berkata: “Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan
janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitnah.” Ketahuilah bahwa
mereka telah terjerumus ke dalam fitnah
Contoh ي:
Sebagai dhamir mua’annats mukhatabah
(kamu pr) ketika mahal Rafa’:
فَكُلِــيْ وَاشْرَبِــيْ
وَقَرِّيْ عَيْنًا
maka makan (kamu pr) , minum (kamu pr) dan bersenang hatilah kamu (pr)
Sebagai dhamir mutakallim
(lk/pr) ketika mahal Nashab:
وَآتَانِــي مِنْهُ رَحْمَةً
dan diberi-Nya aku rahmat (kenabian) dari-Nya
Juga sebagai dhamir mutakallim
(lk/pr) ketika mahal Jar:
أَنِ
اشْكُرْ لِــيْ وَلِوَالِدَيْكَ
Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu
Kesimpulan Bait diatas: semua dhamir adalah Mabni. diantara isim dhamir ada yang mencocoki
bentuknya dalam mahal jar dan mahal nashab. kemudian digaris bawahi oleh
Mushannif bahwa dhamir نا “naa” mencocoki bentuknya untuk semua mahal i’rab
yang tiga (rafa’-nashab-jar) sebagaimana contoh dalam bait: بِنَا فَإنَّنَا
نِلْنَا. disebutkan bahwa dhamir yang berupa Alif tatsniyah, Wau jamak dan Nun
jamak muannats, adalah dhamir mahal Rafa’ bisa digunakan untuk Ghaib juga
Hadir* (*mukhatab saja). sebagimana contoh bait: قَامَا واعْلَمَا.
Isim
Dhamir Mustatir wajib dan jaiz
وَمِنْ ضَمِيْرِ الْرَّفْعِ مَا يَسْتَتِرُ ¤ كَافْعَلْ أوَافِقْ نَغتَبِطْ إذْ تُشْكرُ
Dhomir Mustatir
ada pada sebagian dhomir Rofa’. Seperti pada contoh: افْعَلْ أوَافِقْ نَغتَبِطْ إذْ تُشْكرُ
(ket: افْعَلْ = Fi’il ‘Amar untuk satu mukhotob,
taqdirannya انت . dan أوَافِقْ = Fi’il Mudhori’ untuk satu Mutakallim,
taqdirannya انا. dan نَغتَبِطْ = Fi’il Mudhori’ untuk Mutakallim Ma’al Ghair,
taqdirannya نحن . dan تُشْكرُ = Fi’il Mudhori’ untuk satu Mukhotob, taqdirannya
انت)
Telah dijelaskan pada pelajaran dahulu bahwa dhamir ada dua golongan 1. Isim
Dhamir Bariz (mempunyai bentuk lafazh) dan 2. Isim Dhamir Mustatir (tidak
mempunyai bentuk lafaz).Dhamir Mustatir (ضامر مستتر) atau dhamir yang tidak berbentuk Lafazh, ada dua macam 1. Wajib Mustatir dan 2. Jaiz Mustatir
1. Wajib Mustatir واجب الاستتار
Pengertian dhamir yang Wajib Mustatir adalah: Isim Dhamir Mustatir dimana posisinya tidak bisa digantikan oleh Isim Zhahir pun oleh Isim Dhamir Munfashil. contoh:
أَقُوْمُ بِوَاجِبِيْ نَحْوَ قَرَابَتِيْ
aku menunaikan kewajibanku pada keluargakuContoh أقوم pada kalimat diatas, mempunyai Fa’il (subjek) yang berupa Isim Dhamir Mustatir yang wajib. takdirannya adalah أنا (saya), maka posisi dhamir ini tidak bisa digantikan isim zhahir semisal أقوم خالد. Atau tidak bisa digantikan isim dhamir munfashil semisal أقوم أنا dengan maksud sebagai Fa’ilnya, bisa juga dilafalkan demikian, akan tetapi ia bukan Fail tapi sebagai taukid bagi damir mustatir.
ISIM DHAMIR WAJIB
MUSTATIR NO TEMPAT WAJIB MUSTATIR CONTOH 1
Fi’il Amar untuk satu mufrad (laki-laki)
فَــاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ
Maka tetaplah
kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu
2 Fi’il
Mudhari’ yang diawali Hamzah Mudhara’ah untuk Mutakallim (aku lk/pr)
وَأُفَوِّضُ أَمْرِي إِلَى الله
Dan aku
menyerahkan urusanku kepada Allah
3 Fi’il
Mudhari’ yang diawali Nun Mudhara’ah untuk Mutakallim Ma’al Ghair (kami lk/pr)
نَحْنُ
نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ
Kami menceritakan
kepadamu kisah yang
paling baik
4 Fi’il
Mudhari’ yang diawali Ta’ Mudhara’ah untuk Mukhatab Mufrad (kamu satu
laki-laki)
تُؤْتِي الْمُلْكَ
مَنْ تَشَاءُ
Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki
5 Isim Fi’il
Amar
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ
Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu
6 Isim Fi’il
Mudhari’
فَلَا
تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ
maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya
perkataan “ah”
7 Fi’il Ta’ajub
مَا
أَحْسَنَ الصِّدْقَ
Alangkah indahnya kenyataan ini
8 Isim Masdar
yang menggantikan tugas Fi’ilnya
وَبِالْوَالِدَيْنِ
إِحْسَانًا
Dan kepada kedua orang tua, berbuat baiklah!
9 Fi’il-Fi’il
Istitsna’ seperti خلا، عدا، حاشا
حَضَرَ
الضُّيُوْفُ خَلاَ وَاحِداً
Tamu-tamu sudah hadir selain satu orang
10 Perangkat
Istitsna semisal ليس
مَا
أُنْهِرَ اَلدَّمُ وَذُكِرَ اِسْمُ اَللَّهِ عَلَيْهِ فَكُلْ لَيْسَ اَلسِّنَّ وَالظُّفْرَ
Apa yang dapat menumpahkan darah dengan diiringi sebutan nama
Allah, makanlah, selain
gigi dan kuku
2. Jaiz Mustatir جائز
الاستتارPengertian dhamir yang Jaiz Mustatir adalah: Isim Dhamir mustatir dimana posisinya bisa digantikan oleh Isim Zhahir pun oleh Isim Dhamir Munfashil. yaitu kalimah Fi’il untuk Mufrad Ghaib (subjek orang ketiga tunggal male) contoh:
فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ
Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung.kalimah Fi’il untuk Mufrad Ghaibah (subjek orang ketiga tunggal female) contoh:
وَقَالَتْ لِأُخْتِهِ قُصِّيهِ
Dan berkatalah ibu Musa kepada saudara Musa yang perempuankalimah Isim Fi’il Madhi. contoh:
الصَّدِيْقُ هَيْهَاتَ
jauh sekali dari kebenaran.Isim Sifat yang murni, semisal Isim Fa’il. Contoh:
وَلَمَّا جَاءَهُمْ رَسُولٌ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَهُمْ
Dan setelah datang kepada mereka seorang Rasul dari sisi Allah yang membenarkan apa (kitab) yang ada pada merekaMaka lafazh مُصَدِّقٌ terdapat dhamir Mustatir Jaiz takdirannya adalah هُوَ tertuju kepada lafazh رَسُولٌ
Dhamir
Munfasil Marfu’ » Alfiyah Bait 61
وَذُو ارْتِفَاعٍ وَانْفِصَالٍ أَنَا هُوْ¤ وَأَنْــتَ وَالْفُـــرُوْعُ لاَ تَشْــتَبِهُ
Dhomir Rofa’ dan
Munfasil, yaitu seperti أَنَا, هُوْ, أَنْتَ dan cabang-cabangnya yg tidak ada
kemiripan
Telah dijelaskan bahwa Dhamir Bariz
dibagi dua:
- Dhamir Bariz Muttashil/Dhamir Muttashil (telah
dijelaskan pada bait lalu lihat Pengertian
Dhamir Muttashil, Alfiyah Bait 55-56)
- Dhamir Bariz Munfashil/Dhamir Munfasil.
Dhamir Munfashil adalah Isim Dhamir
yang dapat dijadikan permulaan dan bisa berada setelah lafazh ILLA.
Contoh bisa dijadikan permulaan
kalimat
Firman Allah:
هم العدوّ فاحذرهم
Mereka itulah musuh (yang sebenarnya) maka waspadalah
terhadap mereka (Al-Munaafiquun : 4)
Contoh bisa berada setelah
lafazh ILLA
Firman Allah:
وقضى ربّك ألا تعبدوا إلا إياه
Dan Tuhanmu telah
memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia (Al-Israa’ : 23)
Dhamir Munfasil dari segi mahal
I’robnya hanya ada dua:
1. Mahal Rofa’ (Dhamir Munfasil
Marfu’)
2. Mahal Nashab (Dhamir Munfashil
Manshub > akan dijelaskan pada bait selanjutnya Insyaallah).
Dhamir Munfasil Marfu’ semuanya
berjumlah 12 dhamir:
Rinciannya sbb:
1. Untuk Mutakallim (orang pertama)
terdapat 2 bentuk dhamir
- ANA
= mutakallim wahdah = AKU
-
NAHNU = mutakallim ma’al-ghair aw mu’azh-zham nafsah = KAMI atau AKU
mengagungkan diri.
2. Untuk Mukhothob (orang ke dua)
terdapat 5 bentuk dhamir:
- ANTA
= mufrad mudzakkar = KAMU (LK)
- ANTI
= mufrad muannats = KAMU (PR)
-
ANTUMAA = mutsanna mudzakkar/muannats = KAMU BERDUA (LK/PR)
-
ANTUM = jamak mudzakkar = KAMU SEKALIAN (LK)
-
ANTUNNA – jamak muannats = KAMU SEKALIAN (PR)
3. Untuk Ghaib (orang ketiga)
terdapat 5 bentuk dhamir:
- HUWA
= mufrad mudzakkar = DIA (LK)
- HIYA
= mufrad muannats = DIA (PR)
-
HUMAA = mutsanna mudzakkar/muannats = DIA BERDUA (LK/PR)
- HUM
= jamak mudzakkar = MEREKA (LK)
-
HUNNA – jamak muannats = MEREKA (PR)
LIHAT TABEL BERIKUT:
DHAMIR MUNFASIL MARFU’
|
||
Orang Ketiga (ghaib)
|
Orang Kedua (Mukhothob)
|
Orang
Pertama (Mutakallim)
|
هو
|
أنت
|
أنا
|
هي
|
أنت
|
نحن
|
هما
|
أنتما
|
|
هم
|
أنتم
|
|
هن
|
أنتن
|
|
Dhamir
Munfashil Manshub
وَذُو انْتِصَابٍ فِي انْفِصَالٍ جُعِلاَ¤ إيَّايَ وَالْتَّـــفْرِيْعُ لَيْسَ مُشْـــكِلاَ
Dhamir yang
Manshub pada Dhamir Munfashil, dijadikannya seperti lafazh “IYYAAYA”, berikut
cabang-cabangnya tanpa ada kesulitan (mudah dalam menentukannya).
Telah dijelaskan bahwa Dhamir
Munfasil dari segi mahal I’robnya ada dua macam:
1. Mahal Rofa’ (Dhamir Munfashil
Marfu‘ > lihat penjelasannya Dhamir Munfasil Marfu’
» Alfiyah Bait 61)
2. Mahal Nashab (Dhamir Munfashil Manshub).
2. Mahal Nashab (Dhamir Munfashil Manshub).
Dhamir Munfashil Manshub semuanya
berjumlah 12 dhamir:
Rinciannya sbb:
Rinciannya sbb:
1. Untuk Mutakallim (orang pertama) terdapat 2 bentuk dhamir
- IYYAAYA = mutakallim
wahdah = PADAKU
- IYYAANAA = mutakallim
ma’al-ghair aw mu’azh-zham nafsah = PADA KAMI atau PADAKU pengagungan diri.
2. Untuk Mukhothob (orang ke dua) terdapat 5 bentuk dhamir:
- IYYAAKA = mufrad
mudzakkar = PADAMU (LK)
- IYYAAKI = mufrad muannats = PADAMU (PR)
- IYYAAKUMAA = mutsanna mudzakkar/muannats = PADAMU BERDUA (LK/PR)
- IYYAAKUM = jamak mudzakkar = PADA KALIAN (LK)
- IYYAAKUNNA – jamak muannats = PADA KALIAN (PR)
- IYYAAKI = mufrad muannats = PADAMU (PR)
- IYYAAKUMAA = mutsanna mudzakkar/muannats = PADAMU BERDUA (LK/PR)
- IYYAAKUM = jamak mudzakkar = PADA KALIAN (LK)
- IYYAAKUNNA – jamak muannats = PADA KALIAN (PR)
3. Untuk Ghaib (orang ketiga) terdapat 5 bentuk dhamir:
- IYYAAHU = mufrad
mudzakkar = PADANYA (LK)
- IYYAAHAA = mufrad muannats = PADANYA (PR)
- IYYAAHUMAA = mutsanna mudzakkar/muannats = PADANYA BERDUA (LK/PR)
- IYYAAHUM = jamak mudzakkar = PADA MEREKA (LK)
- IYYAAHUNNA – jamak muannats = PADA MEREKA (PR)
- IYYAAHAA = mufrad muannats = PADANYA (PR)
- IYYAAHUMAA = mutsanna mudzakkar/muannats = PADANYA BERDUA (LK/PR)
- IYYAAHUM = jamak mudzakkar = PADA MEREKA (LK)
- IYYAAHUNNA – jamak muannats = PADA MEREKA (PR)
LIHAT TABEL BERIKUT:
DHAMIR MUNFASHIL MANSHUB
|
||
Orang
Ketiga (Ghaib)
|
Orang
Kedua (Mukhothob)
|
ORANG
PERTAMA(MUTAKALLIM)
|
إياه
|
إياكَ
|
إياي
|
إياها
|
إياك
|
إيانا
|
إياهما
|
إياكما
|
|
إياهم
|
إياكم
|
|
إياهن
|
أياكن
|
|
DHAMIR MUNFASHIL MANSHUB
|
||
ORANG KETIGA(GHAIB)
|
ORANG KEDUA(MUKHOTHOB)
|
ORANG PERTAMA(MUTAKALLIM)
|
إياه
|
إياكَ
|
إياي
|
إياها
|
إياك
|
إيانا
|
إياهما
|
إياكما
|
|
إياهم
|
إياكم
|
|
إياهن
|
أياكن
|
Geen opmerkings nie :
Plaas 'n opmerking